Translate

Matahari Dan Bulan Yang Bercahaya

=Bulan Memantulkan Cahaya Matahari?=
Disadur dari 

Zakir Naik dalam bukunya The Qur’an and Modern Science: 
Compatible or Incompatible?
mengklaim bahwa:
Firman Allah SWT : 
Maha Suci Allah yang menjadikan di langit gugusan-gugusan bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari bercahaya (sirojan) dan bulan yang meminjam cahayanya (Muniraa)”. 
(Q.S. Furqon : 61 )
Dalam Al-Qur ‘an Matahari “As-Syams” selalu menggunakan  kata “siroja”  yang artinya obor , “dhiya a” artinya cahaya kemuliaan  atau “wahaj” yang berarti lampu yang hidup (pen-“wahaj di gunakan di ayat lain) Sedangkan untuk Bulan (Qomar) menggunakan kata “Nur” yang artinya pantulan cahaya, “Munira” yang artinya badan yang mengeluarkan Nur. 
Ini membuktikan bahwa Quran sudah mengenali perbedaan antara cahaya Matahari dan Bulan.
Pertama-tama, fakta ini telah diketahui ribuan tahun sebelum Muhammad lahir.
Saat Aristoteles (384-322 SM) mendiskusikan bentuk Bumi, ia membuktikan kebulatannya dengan menunjukkan bahwa selama gerhana Bulan bayangan Bumi dapat terlihat di Bulan. Berabad-abad sebelum Muhammad, orang Yahudi sudah mengetahui bahwa Bulan hanya “meminjam cahaya” dari Matahari (Philo, abad ke-1), dan bahwa “cahaya Bulan pasti berasal dari cahaya Matahari” (Midrash Hagadol, pertengahan abad ke-1)
Kemudian, masalah terbesar dalam argumen Naik adalah bahwa makna nūr (نُور) itu hanyalah “cahaya”; tidak ada implikasi “pantulan” di kamus atau leksikon Arab manapun.
Maka Naik telah membuat redefinisi baru yang tidak sesuai dengan makna Quran yang sesungguhnya.
Apabila kita tetap menggunakan redefinisi Naik, maka Allah yang memiliki sifat an-Nur berarti hanyalah sekadar “cahaya pantulan”, sementara Muhammad yang dijuluki “cahaya (siraj) yang menerangi” di Surah 33:46 merupakan sumber cahayanya. Akibatnya redefinisi ini absurd dan patut ditolak.

Kesimpulan:
Ayat 10.5, 25.61 dan 71.16
Bahwa baik bulan dan matahari adalah lampu `memancarkan cahaya’. 
Dr. Naik bohong dgn mengatakan bahwa Nur itu cahaya pantulan.
Nur adalah cahaya langsung dan Muir adalah objek yg memancarkan cahaya bukan yg memantulkan cahaya.

0 comments: