Translate

Sumber-Sumber Al Qur'an part.II

DONGENG DONGENG DALAM ISLAM PART II 
PADA SEBUAH ANALISA

VIII. ALLAH MENAUNGI ORANG ISARAEL DENGAN BUKIT/GUNUNG 
Dalam Quran ada cerita aneh mengenai bukit yang terangkat menaungi orang Isreal. 
Q7.170-172 
[170] Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan salat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan. [171] Dan (ingatlah), ketika Kami mengangkat bukit ke atas mereka seakan-akan bukit itu naungan awan dan mereka yakin bahwa bukit itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami katakan kepada mereka): “Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya supaya kamu menjadi orang-orang yang bertakwa”.

Ini juga tidak ada dalam Bibel Perjanjian Lama, tapi ada dalam komentar di Talmud :
Sumber Talmud Babylonia: 
Tract ‘Abodah Zarah bab I 2b bagian akhir. 
Ini, kemudian, akan menjadi alasan mereka :
’Tuhan Semesta Alam, tidakkah Engkau menggantungkan gunung di atas kami seperti kubah (bejana) seperti yang engkau lakukan pada Israel dan akankah kami masih menolak untuk menerima ini?’………………………… R. Dimi b. Hama berkata : Ini mengajarkan kita bahwa yang Maha Kudus, di kuduskan Dia, menggantung gunung atas Israel seperti kubah, dan berkata pada mereka :’Bila engkau menerima Torah, ini akan menjadi baik dengan mu, tapi bila tida, di sana akan ditemukan kuburan bagimu.’

IX. HARTANYA KARUN. 
Istilah harta Karun mungkin berasal dari dongeng tentang Korah (Karun), yang kunci-kuncinya sangat berat :
Q28.76 [76] Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: “Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri”.

Dalam Bibel Perjanjian Lama, Korah anak Yizhar, memberontak melawan Musa dan Harun (Bilangan16 :1-6). 
Tetapi cerita tentang kunci-kunci harta Korah, tidak ada dalam PL. Kunci harta Korah yang sangat berat muncul dalam perbincangan para Rabbi di Talmud.

Sumber Talmud Babylonia : 
Tract Sanhendrin 110 a Resh Lakish berkata : Ini menunjuk pada harta Korah (Karun). Dan seluruh isinya itu ada pada kaki mereka. Eleazer berkata : Ini menunjuk pada harta seorang manusia, yang menolongnya keluar. R.Levi berkata : Kunci-kunci rumah harta “karun” Korah adalah beban untuk 300 keledai putih, meskipun kunci-kunci dan gembok-gembok dari kulit.

X. JAHANNAM 
Jahannam berasal dari kata Ibrani Gehinnom (Yunani : Gehenna), yaitu nama sebuah lembah di Barat Selatan Jerusalem . Ge Hinnom (Lembah Hinnom), sampai sekarang namanya masih sama, jadi kalo anda mau ke neraka pergi aja ke Jerusalem… :roll: Ge Hinnom dulunya tempat pengorbanan anak-anak bani Ammon. Pada jaman Yesus, tempat itu dijadikan pembakaran sampah dan mayat. Tentu saja baunya bau dan menyengat, jorok dan apinya tiap hari nyala. Tempat itu kemudian digunakan untuk illustrasi tempat tujuan orang-orang yang jahat.

Dalam Bibel sendiri kata Gehenna (dibandingkan dengan jumlah halaman) relatip sangat jarang disebut Orang-orang Kristen dikemudian hari mengambil penggambaran keadaan neraka lebih mendetail dengan mengutip kitab-kitab Apokrip (mis Wahyu pada Petrus), yang kelihatannya kemudian diambil oleh Quran dan menggambarkannya dengan lebih menggebu-gebu.

Qur’an 78:21 [21] Sesungguhnya neraka Jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai, [22] lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, [23] mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, [24] mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, [25] selain air yang mendidih dan nanah, [26] sebagai pembalasan yang setimpal. [27] Sesungguhnya mereka tidak takut kepada hisab, [28] dan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dengan sesungguh-sungguhnya, [29] dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu kitab. [30] Karena itu rasakanlah. Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu selain daripada azab. [31] Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenanga

Kutipan Wahyu kepada Petrus (THE AKHMIM FRAGMENT) ayat 21 -22 : 

Dan aku juga melihat tempat lain berlawanan dengan yang satu, sangat kotor; dan ini adalah tempat penghukuman, dan mereka yang dihukum dan malaikat-malaikat (malaikat maut ?) yang menghukum mereka berpakaian gelap, sesuai dengan suasana tempat itu. Ayat 23 -24: Dan di sana ada sebuah danau besar penuh dengan limpur (cairan) menyala, di dalam mana adalah orang-orang tertentu berbalik dari kebenaran; dan malaikat-malaikat; para algojo, disediakan untuk mereka. Dan di sana juga yang lainnya , wanita, digantung pada rambut mereka di atas lumpur mendidih, yaitu mereka yang berzinah. Ayat 31 : Dan dalam danau besar yang lain yang penuh dengan nanah dan darah dan Lumpur mendidih, berdiri pria dan wanita dengan lutut mereka. Dan mereka adalah orang-orang yang menarik riba.

Dalam Islam, sesorang akan mencapai Firdaus setelah melewati jembatan Sirotol Mustaqiim. Barang siapa yang dosanya banyak akan terpeleset oleh beban dosanya. Gambaran itu jelas bukan berasal dari tradisi Judaism, kerena menurut Judaism, Neraka ada dibawah lapisan bumi yang paling bawah, sementara surga ada di langit. Ini adalah pengaruh Zoroasther. Menurut kitab Yasna, roh orang jahat akan sampai ke Jembatan Chinwad. 
Pada abad ke 3 sorang imam tinggi Zoroasther, mendapatkan penglihatan akan sorga dan neraka, dimana bila ia menuju sorga, harus melewati jembatan yang dibawahnya adalah jurang yang sangat dalam.
Link Kitab Zorasther. Arda Viraf (mimpi tentang Sorga & Neraka) : http://www.avesta.org/mp/viraf.html

Dalam Viraf 24.1-4 tertulis demikian : 
Aku juga melihat roh seorang wanita yang digantung, pada kedua buah dadanya, ke neraka; dan binatang berbisa (khrafstars) menangkap seluruh badannya. Aku kemudian berkata : ‘Dosa apa yang dilakukan olehnya ?’ 
Dijawab karena perzinahan.

Bandingkan dengan cerita di bawah ini : 
Ishaq:185 “ Di neraka aku melihat wanita di gantung di kedua buah dada mereka. Mereka menjadi orang tua anak haram .” Kalo cerita itu betul, Muhammad betul-betul tukang jiplak……………….
Link mengenai buku Arda Viraf : http://en.wikipedia.org/wiki/Book_of_Arda_Viraf

XI. FIRDAUS. 
Firdaus (dari Persia artinya Taman), menurut islam adalah tujuan akhir yang paling didambakan, yaitu kenikmatan ala hedonis tanpa akhir (tidak bosan ?).

Penggambaran Firdaus (Yun: Paradeiso) menurut Muhammad : 
[Surah 56] [12] Berada dalam surga (taman) kenikmatan. [15] Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata, [16] seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan. [17] Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda, [18] dengan membawa gelas, cerek dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir, [19] mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk, [20] dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, [21] dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. [22] Dan (di dalam surga/taman itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli, [23] laksana mutiara yang tersimpan baik. [24] Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan. [25] Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa, [26] akan tetapi mereka mendengar ucapan salam. [28] Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, [29] dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), [30] dan naungan yang terbentang luas, [31] dan air yang tercurah, [32] dan buah-buahan yang banyak, [33] yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya, [34] dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. [35] Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung, [36] dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, [37] penuh cinta lagi sebaya umurnya, [38] (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, [39] Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya, [40] seakan-akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik. [41] Lalu sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain sambil bercakap-cakap.

Dalam Bibel Firdaus mengacu ke Taman Eden pada kisah penciptaan. 
Menurut ajaran Kristen, Firdaus adalah tempat orang-orang percaya mengalami kehadiran Tuhan ( Dalam Injil Lukas kata Yunani “Paradeiso”, diucapkan oleh Yesus dikayu salib, menggambarkan suatu kondisi, bukan tempat).Tapi gambaran itu akhirnya melenceng pada kenikmatan hedonis. Seperti kutipan Firdaus dari Kitab Wahyu Petrus (THE ETHIOPIC TEXT).

Kutipan Kitab Wahyu Petrus(THE ETHIOPIC TEXT). 
http://www.earlychristianwritings.com/t … james.html …………….Dan dia memperlihatkan padaku sebuah Taman yang Agung, terbuka, penuh dengan pohon-pohon yang beraneka warna dan buah-buah yang membangkitkan selera dan bau wewangian. Keharumannya menyenangkan dan datang dengan lembut pada kami. 
Dan daripadanya [terpotong] aku melihat banyak buah. Dan Tuhanku dan Allah Yesus kristus berkata padaku : Tidakkah kamu melihat kerabat dari ayah-ayahmu ?
Tentu saja dalam kepercayan Kristen, tidak terlihat Peri 
(kata Persia untuk Fairy, nymph,sprite )atau Houriyah/Houri (whore ?). 
Kerena menurut kepercayaan Kristen di surga orang hidup tanpa jenis kelamin. Tapi bagi Muhammad itu kurang afdol / menyenangkan, oleh kerena itu ia memasukkan unsur-unsur dongeng Persia, yaitu Peri. Dengan tambahan cerita tentang sungai di Firdaus (dari Bibel) dan Bidadara (homo ?), khamir, maka lengkaplah kenikmatan hedonis tanpa akhir dari Firdaus untuk membuat seorang pemuda ***** rela mati sahid…………………..
Peri di Sorga berasal dari dongeng Persia, tapi bukan ajaran Zoroasther resmi. 
Dalam dongeng Persia Peri ada yang lelaki (bidadara?)

XII. TUJUH LAPIS LANGIT (DAN BUMI?) 
Tujuh lapis langit ditemukan di Quran berulang-ulang :

Q71.15-16 [15] Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? [16] Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita? Q65.12 [12] Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.

Langit lapis tujuh tidak ditemukan dalam Bibel resmi, tapi disebut dalam karangan pseudigripha, misal kitab Rahasia Henokh atau Apocalypse Abraham, Midrash dan Apokrip Kristen.
Sebenarnya langit lapis tujuh dikenal juga dalam Hindu, Yunani, Mesopotamia. Dalam Hindu, langit lapis 7 dibahas dalam kitab Purana. Tapi kelihatannya Muhammad menyontek dari Yahudi.
Kutipan Midrash Genesis Rabbah (abad ke 6 Masehi). 

Kemuliaan dari Shechinah tinggal di sini di antara manusia. 
Kejatuhan Adam menyebabkannya terhalau dari bumi ke langit lapis pertama. Kain menghalaunya, oleh perbuatan jahatnya lebih jauh ke lapis ke dua, generasi Enos lebih jauh lagi, dan generasi air bah kembali (menghalaunya) ke lapis ke empat. Generasi Menara (Babil), orang-orang Sodom dan Mesir pada masa Abraham akhirnya menghalau Shechinah ke langit ke tujuh.

Wahyu (Miraj) Paulus (150-300 Masehi): 
Paulus di bawa oleh Roh Kudus sampai langit ke 7. http://www.earlychristianwritings.com/n … epaul.html 
Apocalypse of Abraham (awal abad ke 2). http://www.pseudepigrapha.com/pseudepig … raham.html

(pasal 19). 
Dan sementara dia masih berbicara, lihatlah, permukaan yang luas di bawahku, langit, terbuka dan aku melihat di atas lapis langit ke 7 di mana aku berdiri sebuah api merambat dan sebuah cahaya dan embun dan sejumlah banyak malaikat-malaikat …………………………
Kutipan dari Talmud Tract Hagiga : http://www.sacred-texts.com/jud/t03/hgg03.htm …………………………………………… Resh Lakish berkata, mereka (langit) ada tujuh, yaitu : Vilon, Rakhia, Shchakim, Zbul, Maon, Makhon, Araboth. Vilon tidak ada kegunaan apapun selain ini , ia muncul di pagi hari dan pergi di petang hari, dan memperbaharui setiap hari karya penciptaan. Rakia adalah yang tempat kedudukan matahari dan bulan, bintang-bintang dan gugus bintang. Shchakim adalah tempat baru gerinda berdiri dan menggerinda manna (makanan surgawi) untuk orang-orang kudus. Zbul adalah tempat dimana Jerusalem Surgawai dan Kuil, altar dibangun di sana, dan malaikat Michael pangeran agung berdiri dan menawarkan atas suatu tawaran. Maon adalah tempat kelompok malaikat-malaikat yang melayani Allah, yang melantunkan nyanyian Nya di malam hari dan diam di siang hari demi kemuliaan Israel…… Makhon adalah tempat d perbendaharaan salju,………………………..dst.
Menurut para Rabbi, kalau malam langit ditutup(seperti jendela & gorden).Pagi hari sampai petang lapisan vilon muncul. Tiap hari seluruh ciptaan diperbaharui oleh vilon, dan menjelang malam langit diselubungi oleh selubung malam (the veil of darkness), silih berganti siang malam berkejaran…………….

Perhatikan ayat Quran di bawah ini : 
Q7.54 : [54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam ((the veil of the night )kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. Surah Luqman: 29 [29]“Tidakkah engkau memerhatikan bahawa Allah SWT memasukkan malam pada siang dan memasukkan siang pada malam (silih berganti).” Q91.1-5 Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. [1] Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, [2] dan bulan apabila mengiringinya, [3] dan siang apabila menampakkannya, [4] dan malam apabila menutupinya, [5] dan langit serta pembinaannya, [6] dan bumi serta penghamparannya, Q92.1-2 Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. [1] Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), [2] dan siang apabila terang benderang, … Q67.5 [5] Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.
Lapisan-lapisan 7 langit ini diuraikan secara mendetail didalam mistik Yahudi yaitu kaballah keperti yang tertulis Zohar dan Sepher ha-Razim.

XIII PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI. 
Q 21:30 
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? Q 41:11 Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.

Kisah penciptaan di atas, jelas berasal dari Judaism, meskipun pemisahan langit dan bumi dikenal oleh Hindu,Mesopotamia dan Mesir:

Menurut Bibel, pada mulanya Tuhan menciptakan langit dan bumi, bumi belum berbentuk dan kosong (Kej 1:1). Dalam perbincangan para Rabbi di Tract Hagiga, para rabbi menyimpulkan bahwa langit dan bumi diciptakan pada hari pertama, secara bersamaan (meskipun ada yang berpendapat langit dulu atau bumi dulu tapi dalam hari yang sama).

R. Jehudah dalam nama Rabh berkata : 
Sepuluh hal yang diciptakan pada hari pertama, yaitu : LANGIT dan bumi; chaos dan ketandusan; cahaya dan kegelapan; angin dan air; dst……………………….. 

Ini sesuai dengan pendapat ahli filsafat Yahudi Philo (15BC-45AD} bahwa segala sesuatu diciptakan pada hari pertama tapi belum berbentuk (raw material), Tuhan kemudian mengarasemennya dalam 5 hari.

Kemudian (Kej 1:6) pada hari yang KEDUA Tuhan membuat cakrawala (firmament/Rakia) untuk memisahkan air dari air. Rakia seperti tertulis Tract Hagiga adalah lapisan langit (tempat beredarnya matahari dan bulan). Maka dapat dikatakan, pekerjaan Tuhan pada hari yang kedua adalah memisahkan langit dengan bumi seperti yang dimaksud oleh Quran.

Sesudah firmament dibentuk, maka Tuhan mengatur air di bumi (memisahkan air asin dan tawar). Dalam Kej 2:9, kehidupan muncul sesudah Tuhan menurunkan hujan (tawar). Jadi air memunculkan kehidupan (seperti juga pendapat Philo), yang kemudian dikutip oleh Muhammad menjadi :”Dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup…………”

Menurut Philo, yang dimaksud dengan 6 hari penciptaan, bukanlah benar-benar rentang waktu yang dibutuhkan Tuhan, kerena Tuhan yang Maha Kuasa bisa menciptakan dalam sekejap “jadilah”; tapi kerena ciptaan memerlukan aransemen (harmony), dan bilangan enam adalah bilangan produktip. Jadi apa itu dibilang 6 hari, 6 masa, atau 6 periode tidak masalah. Link : http://www.earlyjewishwritings.com/text … book1.html

Dan para rabbi Yahudi juga mengatakan langit adalah “the place where there is water” dan merupakan campuran antara air dan api, yang awalnya tanpa bentuk. Air tanpa bentuk dapat digambarkan sebagai kabut (fog) atau asap, seperti yang dikatakan Quran.

Pengaruh Zoroastrian pada dongeng penciptaaan Quran. Q41 [9] Katakanlah: “Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itulah Tuhan semesta alam”. [10] Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. [11] Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. 
Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Di bawah ini urutan penciptaaan gaya Zoroasteriansm seperti yang terekam dalam Kitab Bundahishm :
Periode pertama Ohrmazd (Pencipta) menciptakan langit dengan cahaya siang . Periode kedua air diciptakan , angin, hujan dan kilat. Periode ketiga diciptakan bumi yang bundar (round)yang datar dengan jalan-jalan. Kemudian mengisi bumi itu dengan gunung-gunung, serta berbagai hal seperti besi, limstone dsb. Periode keempat diciptakan tumbuh-tumbuhan dan penunjangnya Periode kelima diciptakan binatang-binatang. 
Periode keenam diciptakan manusia.
Sesudah selesai Ohrmazd kemudian menciptakan cakrawala tempat bintang-bintang , matahari dan bulan sebagai cahaya penerang.

XIV PERJALANAN MALAM MUHAMMAD KE LANGIT (ISRA MIRAJ) 
Q17:1 Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Q53:13-18 Dan sesungguhnya dia (Muhammad) telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, di Sidratul Muntaha. Di dekat (Sidratul Muntaha) ada surga tempat tinggal. (Dia melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh suatu selubung. Penglihatannya tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.

Diriwayatkan oleh Anas dan Malik (diringkas) : 
Jibril datang melalui atap, kemudian membuka dan membasuh dada Nabi dan memcucinya dengan air zam-zam, lalu dimasukan kebijaksanaan dan keyakinan ke dada nabi.
Kemudian dengan mengendarai Buraq yang dibawa Jibril, Muhammad dibawa ke Ba’it Al-Maqdis, dan setelah menambatkan Buraq, nabi masuk ke dalamnya lalu shalat 2 rakaat. Ketika keluar Jibril menawarkan dua bejana berisi susu dan anggur, Muhammad memilih susu, Jibril berkata:”engkau meimilih yang fitrah”.
Kemudian Muhammad di bawa ke langit pertama, pada pos penjagaan pertama terjadi dialog (mirip Area 51 aja): “Siapakah engaku?” Dijawabnya, “Jibril.” “Siapakah yang bersama dirimu?” “Muhammad”, jawab Jibril Kemudian ditanya lagi, “Apakah tugas mulianya sudah dimulai?” “Tugas mulianya telah dimulai”, jawab Jibril. Setelah itu surga dibuka untuk Nabi dan Jibril. Di sana Nabi bertemu dengan Adam, yang menyambut dan berdoa untuk kebaikan Nabi.

Hal serupa diulang dari langit yang pertama sampai langit yang ketujuh, dimana pada tiap-tipa lapis langit Muhammad di sambut oleh nabi-nabi terdahulu. Di surga terakhir disambut Nabi Ibrahim. Sesudah itu Muhammad dibawa ke Sidrat al Muntaha, yang dibatasi oleh pohon-pohon raksasa yang daunnya dan buahnya sangat besar…………..disebut pohon Khuldi. Di sini Muhammad bernegosiasi mengenai shalat.Selama Miraj, Muhammad juga melihat berbagai hal seperti malaikat dan neraka. Mimpikah Muhammad ?

Mimpi atau bukan mimpi, biarlah jadi perdebatan para Muslim sendiri. Yang jelas kisah Muhammad ini bukan barang baru, tetapi ditemukan hampir di perbagai agama.

Dalam Mandean (Sabiin dalam Quran) ada kisah mengenai orang bijaksana Dana Nuk, yang secara ajaib mendapatkan berbagai buku yang memberikan jalan berbeda. 
Setelah mengambil buku yang terakhir, Dana Nuk meyakini buku terakhir sebagai jalan yang benar. 
Dalam keadaan tidur, roh Dana Nuk di angkat melewati lapisan-lapisan langit sampai pada ke langit yang ke tujuh. Di langit ke tujuh Dana Nuk memasuki Firdaus dan bercakap-cakap dengan Tuhan. 
Asal cerita ini tidak diketahui kerena cerita ini (seperti pada kebanyakan tradisi Sabean) adalah cerita oral.

Cerita seperti itu dalam tradisi Judaism/Kristen dan Zoraster sudah lama ada, jadi bukanlah ide baru, dan Muhammad mungkin terobsesi sehingga termimpi-mimpi. Atau mungkin malah merekayasa cerita :

Sumber pseudepigrapha Yahudi : The Testament of Abraham : http://www.pseudepigrapha.com/pseudepigrapha/1007.htm 
Dalam cerita dongeng ini pohon-pohon bisa bernyanyi. Konon Abraham dijemput malaikat Michael dengan kereta Cherubim. Cherubim dalam PL adalah mahluk surgawi bersayap yang terlihat seperti setengah binatang dan setengah manusia, diumpamakan sebagai kendaraan Surgawi (misal Mazm 18:11 ). Barangkali ide Buraq berasal dari salah pengertian Muhammad mengenai Cherubim (Kerub), dan menggabungkannya dengan gambaran Persia mengenai binatang bersayap (dengan muka wanita cantik ?). Dalam perjalanan menuju Surga, Abraham melihat berbagai hal yang baik dan yang buruk. Di gerbang pertama, Abraham menihat Adam yang tertawa dan menangis. Abraham kemudian meninggal tidak lama setelah dikembalikan oleh Michael ke bumi.

Apocalypse of Abraham : http://www.pseudepigrapha.com/pseudepig … raham.html 
Meskipun bercerita tentang tokoh yang sama, kisah ini berbeda dengan Testament of Abraham, kerena dalam kisah ini Abraham dianggkat waktu masih muda (ketika bermasalah dengan ayahnya Terah, berkatian dengan berhala ). Sama seperti kisah sebelumnya Abram dijemput dengan malaikat, dan naik ke surga mengendarai burung perkutut ! Abraham di bawa ke langit ke 7 untuk melihat berbagai hal di bawahnya.

Kitab Rahasia Enoch (150-80 SM) : 
http://www.pseudepigrapha.com/pseudepig … nochs2.htm Enoch atau dalam Quran disebut nabi Idris, juga merupakan nabi bagi oeang-orang Mandean/Sabean (Sabiin). Isinya sbb : Pada pasal 1-21 Enoch di bawa oleh malaikat berpergian dari langit pertama samapai langit ke 7. Pasal 22 – 38 Enoch menerima rahasia dari Allah. Pasal 39-68 Enoch memberi wejangan kepada anaknya sebelum ia diangkat kembali ke Surga (menurut tradisi PL dan Quran Enoch (Idris) adalah salah satu nabi yang diangkat ke surga dengan badannya).

Sumber Apokrifa Kristen : 
Apocalypse of Paulus : http://www.earlychristianwritings.com/n … epaul.html Dalam Bibel, Paulus pernah menyinggung pengalaman mistiknya secara sekilas ketika diangkat ke langit ke tiga. Paulus sendiri tidak yakin mengenai pengalaman itu (diluar tubuh atau di dalam tubuh). Orang Kristen tertentu (Gnostik ?) kemudian melengkapinya melewati langit ke 7 secara rinci. Di langit ke 7 Paulus bertemu muka dengan “orang tua” (gambaran Allah Bapa dalam tradisi Kristen). Paulus juga melihat malaikat dan neraka. Kelihatannya yang ini menyontek kisah Rahasia Enoch.

Sumber Zoroasther : http://www.avesta.org/mp/viraf.html 
Berasal dari pengalaman mimpi (akibat mabuk) seorang imam Zoroasther bernama Arda Viraf. Viraf melihat malaikat, orang suci dan neraka. Beberapa penglihatannya mengenai neraka mirip cerita dalam Islam.
Dari uraian di atas, jelas sekali pengalaman miraj bukan monopoli Muhammad atau Islam. Dan kelihatannya cerita yang satu mempengaruhi cerita yang lain.

Sebenarnya untuk apa orang membuat cerita seperti itu ? 
Barangkali untuk menarik hati orang-orang yang kurang kritis, atau barangkali pengalaman itu memang terjadi meski sifatnya subeyektip kerena hanya mimpi atau NDEs (Near Death Experiences) yang bisa dialami oleh semua orang, termasuk yang mengalami gangguan jiwa.
___________________________
 "Semoga Para Pemuda Bangsa Setanah Air ku. Dapat Segera Melihat Kebenaran Ini"
Support By : 


0 comments: